Materi TIK Kelas XII Semester 1

Desain Grafis


Pendahuluan

Dengan berkembangnya teknologi komputer, maka berkembang juga teknologi. Desain grafis terdiri dari 2 kata. yang pertama Desain, artinya proses perancangan yang melinatkan kreatifitas manusia yang bertujuan membuat (to create something) suatu benda, sistem, dan lainnya serta memiliki mafaat bagi manusia baik langsung/tidak langsung. sedangkan pada Grafis, artinya adalah gambar dimana setiap gambar mengandung sebuah pesan yang akan disampaikan si pembuat gambar kepada orang lain. jadi, Desain Grafis adalah sebuah ilmu dan keahlian dalam perancangan media komunikasi untuk meyampaikan pesan kepada orang lain baik itu berupa informasi mengenai sebuah produk dan jasa atau ide ke dalam bentuk gambar/visual (huruf, angka, simbol, grafik, foto atau ilustrasi) yang memiliki manfaat bagi manusia baik secara langsung atau tidak langsung.
          Dan untuk menghasilkan sebuah karya desain grafis ternyata harus melalui proses perencanaan grafis sebagai berikut :



         



 

1.       Konsep
Hasil dari kerja berupa pikiran yang menentukan tujuan-tujuan kelayakan dan segment/ audience yang dituju. Kosep bisa didapatkan dari pihak non grafis antara lain: Ekonomi, politik, hukum, budaya, dll. Oleh karena itu desain grafis menjadi Desain Komunikasi Visual karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
2.     Media
Untuk mencapai kriteria ke sasaran/segment yang dituju, diperlukan study kelayakan media yang cocokdan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa media cetak, elektronik, luar ruang (out door) dll. Contoh : sebuah perusahaan tabloid remaja akan melakukan lounging perdana tabloidnya. Karena target mereka adalah remaja, mereka tidak menggunakan semua media sebagai objek promosi, dilihat juga dari keefisiensian dan penghematan dana perusahaan. Mereka menyebarkan flyer pada acara Pentas Seni yang diadakan disekolah-sekolah. Dan membuat media seperti stiker dan pin untuk dibagikan ke target sasaran.

3.      Ide/gagasan
Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan study banding, literatur, wawasan yang luas, diskusi, wawancar,dll. Agar desain lebih bisa diterima oleh audience dan memberikan kesan tertentu yang sulit diluapkan. Kadang untuk mendapatkan ide diperlukan kegilaan menjadi sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkinb bahkan membenturkan/membuat suatu hal yang konflik/paradoks.
4.     Persiapan Data
Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil/kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil/samar. Data bisa berupa data informatif(seperti : foto, teks dan judul) dan Estesis (seperti : bingkai, background, efek grafis garis/bidang).
5.      Visualisasi
Visualisasi itu mencakup warna, layout, finishing.
6.     Produksi
Sebagai acuan pemahaman tentang proses cetak, tidak ada salahnya memahami teknik dasar cetak tradisional yang telah dikemukakan manusia terlebih dahulu, yaitu :
·        Letterpress
Proses cetak letterpress yang diakibatkan oleh adanya perbedaan relief tinggi rendahnya sebuah permukaan. Transfer bentuk ini terjadi dari permukaan yang tidak rata (telah diberi tinta) ke permukaan kertas. Teknik dengan membentuk relief pada karet yang secara negatif membentuk huruf atau objek kurva tertentu.
Teknik ini masih digunakan untuk membuat cap.
·        Screen Proses
Pada proses ini kain/serat kain dibentangkan pada frame. Proses ini sering disebut stensil/sablon. Kain stensil tersebut dipersiapkan secara fotografis karena bahan kain ini sangat peka terhadap perubahan cahaya atau dapat pula berupa proses pelubangam pbjek. Setelah itu kertas/kain yang akan disablon diletakan dibawah frame stensil tersebut. Stensil akan mencapai ke benda yang akan disablon. Sehingga tinta akan merembes ke frame. Apabila penggesek karet anda usapkan melintasi stensil, tinta akanmembuka area stensil dan merembes ke kertas.
·        Offset


Konsep cetak Offset adalah menggunakan prinsip dimana minyak dan air tidak akan bercampur. Plate cetak akan menyerap tinta, sebab area ini dikondisikan untuk dapat menyerap tinta minyak dan tidak menyerap air. Pada cetak warna, setiap warna mempunyai urut tersendiri. Pada perkembangan teknologi mesin cetak, suatu mesin cetak dapt langsung memproduksi warna utama dalam industri cetak. Yaitu Cyan, Magenta, Yellow, Black (CMYK).

Program untuk disain grafis ada bebearapa macam diantaranya :
1.      Adobe Ilustrator
2.      Beneba Canvas
3.      CorelDRAW
4.      Maromedia Freehand
5.      Metacreations Expression
6.      Micrografx Designer
7.      AutoCAD
8.      Adobe Photoshop
9.      Corel PhotoPaint
10.  Macromedia X-Res
11.  J Paintshop
12.  Metacreations Painter
13.  Metacreations Live Picture
14.  Micrografx Picture Publisher
15.  Microsoft Photo Editor
16.  QFX
17.  Wright Image

A. Perbedaan Grafis Berbasis Vektor dengan Grafis Berbasis Bitmap
Secara umum semua program disain grafis terdiri dari 2 macam yaitu disain grafis berbasis vektor dan disain grafis berbasis bitmap.
1.         Disain Grafis Berbasis Vektor
Disain Grafis Berbasis Vektor adalah disain grafis yang berbasis besaran dan arah, jika gambar diperbesar beberapa kali gambar tetap enak dilihat karena gambar memiliki pixel-pixel yang sangat banyak dan teratur sehingga memiliki bentuk dan warna yang kontinu.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis vektor adalah :
1.      Adobe Ilustrator
2.      Beneba Canvas
3.      CorelDRAW
4.      Maromedia Freehand
5.      Metacreations Expression
6.      Micrografx Designer
7.      AutoCAD
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1.      Scalable Vektor Graphics (SVG)
2.      Encapsulated Postscript (EPS)

2.      Disain Grafis Berbasis Bitmap
Disain Grafis Berbasis Bitmap adalah disain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel dengan warna yang menawan. Jika gambar diperbesar beberapa kali gambar menjadi kabur, pecah dan tidak enak dilihat karena gambar memiliki titik atau pixel warna yang sedikit dan tidak teratur sehingga menjadi rusak dan tidak enak dilihat.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis bitmap  adalah :
1.      Adobe Photoshop
2.      Corel PhotoPaint
3.      Macromedia X-Res
4.      J Paintshop
5.      Metacreations Painter
6.      Metacreations Live Picture
7.      Micrografx Picture Publisher
8.      Microsoft Photo Editor
9.      QFX
10.  Wright Image
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu :
1.      Graphics Interchange Format (GIF)
2.      Joint Photographic Experts Group (JPEG)
3.      Portable Network Graphics (PNG)
4.      Windows Bitmap (BMP)


B.     MENU DAN IKON DALAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS
Menu adalah bagian-bagian yang berisikan daftar-daftar perintah yang diletakkan pada sebuah batang menu, Toolbar/Ikon adalah bagian-bagian yang berisikan tombol-tombol perintah, menu-menu, atau kombinasi dari keduanya yang diletakkan pada bagian bawah menu bar

C.      Fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak Disain Grafis


File
Edit
View
Layout
Arrange
Effects
Bitmaps
Text
Tools
Window
Help
A.     Megidentidikasi Komponen Menu
1.      Menu File
Komponen Menu
Fungsi
New (Ctrl + N)
Membuka dokumen baru yang masih kosong
New Form Template
Membuka file baru dari disain template
Open (Ctrl + O)
Membuka dokumen yang pernah dibuat atau disimpan
Close
Menutup file
Save (Ctrl + S)
Menyimpan file disain grafis
Save As
Menyimpan dengan nama yang baru
Revert
Balik ke pertama kali sebelum disimpan
Acquire Image
Memberi efek image/gambar
import
Mengimpor file dari program lain
Export
Mengirim gambar ke program lain
Send To
Mengirim gambar untuk di buat desktop dan lain-lain
Print  (Ctrl + P)
Mencetak disain grafis
Print Preview
Melihat contoh tampilan gambar yang akan dicetak
Print Setup
Mengatur hasik pencetakan
Prepare For Service Bureau
Mengubah file ke CDR
Publish To The Web
Menyimpan ke halamn Web
Publish To PDF
Menyimpan dalan bentuk file PDF
Document Info
Meminta properties tentang dokumen
2.      Menu Edit
Komponen Menu
Fungsi
Undo Mesh Fill (Ctrl+Z)
Untuk membatalkan Mesh Fill yang terakhir
Redo
Untuk kembali ke sesudahnya
Repeat (Ctrl+R)
mengulang
Cut (Ctrl+X)
Memotong objek
Copy (Ctrl+C)
Menggandakan objek
Paste (Ctrl + V)
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut
Paste Special
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut dalam kondisi tertentu
Delete
menghapus
Symbol
Mengedit simbol
Duplicate
Menggandakan tanpa clipboard
Clone
Menggandakan mengikuti objek utama
Copy Properties From
Mengopi dari properties
Select All (Ctrl + A)
Untuk memblok/menandai semuanya
Find  and Replace
Mencari dan mengganti
Insert Internet Object
Menyisipkan objek dari web
Insert New Object
Menyisipkan objek yang baru
Properties
Menampilkan properties objek

3.      Menu View
Komponen Menu
Fungsi
Sipmple Wireframe
Menampilkan layar simple wireframe
Wireframe
Menampilkan layar dalam modus kasar
Draft
Menampilkan objek dalam modus kasar
Normal
Menampilkan objek dan layar dalam modus normal
Enhanced
Menampilkan layar dalam modus halus
Full Screen Preview
Menampilkan dalam bentuk layar penuh
Preview Selected Only
Menampilkan halaman tertentu
Page Sorter View
Menampilkan semua halaman dalam sorter
Ruler
Menampilkan atau menghilangkan penggaris
Grid
Menampilkan atau menghilangkan garis latar
Guidelines
Menampilkan atau menghilangkan garis bantu
Show
Mengubah tampilan di layar seperti batas kertas dan lain-lain
Enable Rollover
Menampilkan atau menghilangkan tampilan  undo, redo
Snap to Grid
Menuju garis
Snap to Guidelines
Menuju garis bantu
Snap to Objects
Menuju ke objek tertentu

Grid and Ruler Setup
Mengatur garis dan mistar
Guidelines Setup
Mengatur garis bantu
Snap to Objects Setup
Menuju setup objek

1.      Menu Layout
Komponen Menu
Fungsi
Insert Page
Menyisipkan halaman baru
Delete Page
Menghapus halaman
Rename Page
Mengubah nama halaman
Go To Page
Menuju ke halaman tertentu
Switch Page Orientation
Berpindah ke orientasi halaman
Page Setup
Mengatur setup halaman
Page Background
Mengatur latar halaman

2.      Menu Arrange
Komponen Menu
Fungsi
Transformations
Mentranspormasikan objek
Clear Transformations
Menghilangkan transformation
Align and Distribute
Mengatur pendistribusian
Order
Mengatur posisi objek
Group
Menggabung objek
Ungroup
Menguraikan/memisahkan dari group
Ungroup All
Menguraikan/memisahkan dari group semuanya
Combine
Mengombinasikan
Break Apart
Memecah objek
Lock Object
Mengunci objek
Shaping
Mengubah bebtuk objek

3.      Menu Effects
Komponen Menu
Fungsi
Adjust
Untuk mengatur komposisi
Transform
Untuk mentransformasi
Corrections
Untuk mengoreksi
Artistic Media
Untuk memberi garis seni
Belnd
Untuk menggabungkan 2 objek
Contour
Untuk memberi kontur gambar
Envelope
Membuat lipatan-lipatan pada gambar
Extrude
Untuk memberi efek extrude
Lens
Untuk memberi efek lensa
Add Perspective
Untuk memberi perspektif gambar
Power Clip
Untuk memberi efek power Clip
Rollover
Untuk memberi efek putar
Clear Effect
Untuk menghilangkan efek
Copy Effect
Untuk menyalin efek
Clone Effect
Untuk menggandakan efek

4.      Menu Bitmaps
Komponen Menu
Fungsi
Convert to Bitmap
Untuk mengkonversi ke modus bitmap
Edit Bitmap
Untuk mengedit disain berbasis bitmap
Crop Bitmap
Untuk memotong objek bitmap
Trace Bitmap
Untuk membagi bitmap
Resample
Untuk mengembalikan ke aslinya
Mode
Untuk memberi mode
Inflate Bitmap
Untuk membuat flat bitmap
Bitmap Color Mask
Untuk memberi warna
Resolve Link
Untuk mengambil dari halaman internet
Update Form Link
Untuk mengupdate dari internet
3D Effects
Untuk memberi efek 3 dimensi
Art Strokes
Untuk memberi efek seni
Blur
Untuk memberi efek blur
Camera
Untuk memberi efek difuss
Color Transform
Untuk mentransformasi warna
Contour
Untuk memberi kontur
Creative
Untuk memberi efek buatan sendiri
Distort
Untuk memuat bentuk tertentu
Noise
Untuk memberi efek terang gelap
Sharpen
Untuk mempertajam
1.      Menu Text
Komponen Menu
Fungsi
Format Text
Untuk memformat teks
Edit Text
Untuk memperbaiki teks
Insert Character
Untuk menyisipkan karakter
Fit Text to Path
Untuk menggabungkan teks ke objek
Fit Text to Frame
Untuk menggabungkan teks ke frame
Align to Baseline
Untuk meratakan
Straighten Text
Komponen teks
Writing Tool
Untuk menampilkan tool pengetikan
Change Case
Untuk mengatur besar kecil huruf
Make Text Web Compatible
Menggunakan teks dari web yang cocok
Convert
Untuk mengubah teks
Text Statistics
Properties teks
Show Non-Printing Characters
Untuk menampilkan efek noncetak
Link
Untuk menyambungkan ke internet
Unlink
Untuk memutuskan hubungan dengan internet

2.      Menu Tools
Komponen Menu
Fungsi
Options
Untuk menampilkan options
Customization
Untuk menampilkan tools
Color Management
Untuk menampilkan format warna
Save Settings As Default
Untuk menyimpan setting
Object Manager
Untuk menampilkan objek manajer
Object Data Manager
Untuk menampilkan data manajer
View Manager
Untuk menampilkan zoom manajer
Link Manager
Untuk menampilkan link
Undo Docker
Untuk menampilkan docker undo
Internet Bookmark Manager
Untuk menampilkan bookmark
Color Styles
Untuk menampilkan format pewarnaan
Palette Editor
Untuk menampilkan palette
Graphic and Text Styles
Untuk menampilkan grafik
Scrapbook
Untuk menampilkan dari halaman internet

3.      Menu Window
Komponen Menu
Fungsi
New Window
Untuk membuka pane yang baru
Cascade
Untuk penampilan cascading
Tile Horizontally
Untuk menampilkan tile horizontal
Tile Vertically
Untuk menampilkan tile vertikal
Arrange Icons
Untuk menampilkan semua ikon
Color Palettes
Untuk menampilkan palette
Dockers
Untuk menampilkan docker
Toolbars
Untuk menampilkan toolbar
Close
Menutup
Close All
Untuk menutup semua
Refresh Window
Untuk memperbarui tampilan

4.      Menu Help

Komponen Menu
Fungsi
Help Topics
Untuk meminta bantuan per topik
CorelTUTOR
Untuk meminta bantuan secara tutorial
What’s New
Untuk meminta informasi fasilitas terbaru
Technical Support
Untuk mengetahui teknis operasi
Corel on the Web
Untuk meminta informasi Corel di internet
About CorelDraw
Untuk meminta informasi Corel yang digunakan
TEKNIK SHAPING 
1.       Weld
Berfungsi untuk menggabungkan 2 atau lebih jenis objek. Klik pada bidang 1 kemudian klik tombol Weld To pada  Shaping Toolbox lalu diikuti mengklik bidang 2. 
Hasilnya akan seperti contoh di bawah ini :

Catatan      :       Pada Shaping Toolbox terdapat Checkbox Source Object(s) dan Target Object(s). Keduanya bisa dipilih salah satu, ataupun tidak sama sekali. Fungsi checkbox itu meninggalakan object sumber atau object target atau keduannya. Jadi saat bidang 1 digabung dengan bidang 2, jika kamu memilih Source Object(s), maka bidang 1 yang merupakan bidang pertama atau sumbernya akan tetap ada. Sama halnya dengan Target Object(s), yang tertinggal adalah bidang yang kedua atau bidang targetnya. Seandainya memilih kedua-duanya, maka bidang 1 dan bidang 2 akan tetap ada selain bidang yang sudah digabung tadi. Lebih jelasnya, lihatlah gambar berikut :
 Gambar 1. jika Source Object(s) yang dipilih

 Gambar 2. jika Target Object(s) yang dipilih

 Gambar 3. jika Source Object(s) dan Target Object(s) dipilih semua

Checkbox Source Object(s) dan Target Object(s) juga terdapat pada teknik shaping Trim dan Intersect.
2.       Trim
Artinya memangkas. Jadi, bagian Object Target yang tertutup oleh bagian objek sumber akan dipangkas atau dipotong sesuai dengan bentuk objek sumber yang menutupi objek target tersebut. Caranya sama dengan Weld, klik bidang 1 kemudian klik tombol Trim pada Shaping Toolbox, lalu klik pada bidang 2.

Hasilnya akan seperti gambar berikut :

3.       Intersect
Berguna mengambil bagian bidang sumber yang juga menjadi bagian bidang target atau dalam matematika disebut dengan istilah IRISAN. Caranya masih sama dengan shaping sebelumnya. Klik bidang 1 kemudian klik tombol Intersect pada shaping toolbox, lalu klik pada bidang 2.
Hasilnya seperti di bawah ini :

 4.       Simplify
Sama dengan Trim, berfungsi untuk memotong. Tapi, Simplify tidak bisa memilih bidang sumber dan bidang targetnya. Pada Simplify, bidang 1 memotong bagian bidang 2 yang dia tutupi, tapi bidang 1 masih tetap ada. Cara menggunakan Simplify adalah dengan cara men-select semua bidang kemudian klik tombol Simplify pada Shaping Toolbox.
Di bawah ini adalah perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan Simplify :
 Sebelum

 Sesudah

5.       Front Minus Back
Merupakan tekhnik yang depan dikurangi yang belakang. Artinya, bentuk bidang depan sudah berkurang karena dipotong oleh bidang di belakangnya. Caranya select semua bidang, kemudian klik tombol Front Minus Back pada Shaping Toolbox. Lihat contoh di bawah ini :
Maka hasilnya akan seperti di bawah ini :

6.    Back Minus Front
Tekhnik yang terakhir ini merupakan kebalikan dari Front Minus Back, tekhnik ini merupakan tekhnik bidang belakang yang dikurangi bidang di depannya. Caranya select semua bidang, lalu klik tombol Back Minus Front. Di bawah ini dapat dilihat perbedaan sebelum dan sebelumnya :

Sebelum
Sesudah

No comments:

Post a Comment