Desain Grafis
Pendahuluan
Dengan berkembangnya teknologi komputer, maka berkembang juga
teknologi. Desain grafis terdiri dari 2 kata. yang pertama Desain, artinya
proses perancangan yang melinatkan kreatifitas manusia yang bertujuan membuat (to
create something) suatu benda, sistem, dan lainnya serta memiliki mafaat
bagi manusia baik langsung/tidak langsung. sedangkan pada Grafis, artinya
adalah gambar dimana setiap gambar mengandung sebuah pesan yang akan
disampaikan si pembuat gambar kepada orang lain. jadi, Desain Grafis adalah
sebuah ilmu dan keahlian dalam perancangan media komunikasi untuk meyampaikan
pesan kepada orang lain baik itu berupa informasi mengenai sebuah produk dan
jasa atau ide ke dalam bentuk gambar/visual (huruf, angka, simbol, grafik, foto
atau ilustrasi) yang memiliki manfaat bagi manusia baik secara langsung atau
tidak langsung.
Dan untuk menghasilkan sebuah karya
desain grafis ternyata harus melalui proses perencanaan grafis sebagai berikut :
1.
Konsep
Hasil dari kerja berupa pikiran yang menentukan tujuan-tujuan
kelayakan dan segment/ audience yang dituju. Kosep bisa didapatkan dari pihak
non grafis antara lain: Ekonomi, politik, hukum, budaya, dll. Oleh karena itu
desain grafis menjadi Desain Komunikasi Visual karena dapat bekerja untuk
membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
2.
Media
Untuk mencapai kriteria ke sasaran/segment yang dituju,
diperlukan study kelayakan media yang cocokdan efektif untuk mencapai
tujuannya. Media bisa berupa media cetak, elektronik, luar ruang (out door) dll. Contoh : sebuah
perusahaan tabloid remaja akan melakukan
lounging perdana tabloidnya. Karena target mereka adalah remaja, mereka
tidak menggunakan semua media sebagai objek promosi, dilihat juga dari
keefisiensian dan penghematan dana
perusahaan. Mereka menyebarkan flyer
pada acara Pentas Seni yang diadakan disekolah-sekolah. Dan membuat media
seperti stiker dan pin untuk dibagikan ke target sasaran.
3.
Ide/gagasan
Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan study banding,
literatur, wawasan yang luas, diskusi, wawancar,dll. Agar desain lebih bisa
diterima oleh audience dan memberikan kesan tertentu yang sulit diluapkan. Kadang
untuk mendapatkan ide diperlukan kegilaan menjadi sesuatu yang tidak mungkin
menjadi mungkinb bahkan membenturkan/membuat suatu hal yang konflik/paradoks.
4.
Persiapan Data
Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih
dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil/kurang
penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil/samar. Data bisa berupa data informatif(seperti : foto, teks dan
judul) dan Estesis (seperti :
bingkai, background, efek grafis garis/bidang).
5.
Visualisasi
Visualisasi itu
mencakup warna, layout, finishing.
6.
Produksi
Sebagai acuan pemahaman tentang proses cetak, tidak ada salahnya
memahami teknik dasar cetak tradisional yang telah dikemukakan manusia terlebih
dahulu, yaitu :
·
Letterpress
Proses cetak letterpress
yang diakibatkan oleh adanya perbedaan relief tinggi rendahnya sebuah
permukaan. Transfer bentuk ini terjadi dari permukaan yang tidak rata (telah
diberi tinta) ke permukaan kertas. Teknik dengan membentuk relief pada karet
yang secara negatif membentuk huruf atau objek kurva tertentu.
Teknik ini masih digunakan
untuk membuat cap.
·
Screen Proses
Pada proses ini kain/serat
kain dibentangkan pada frame. Proses ini sering disebut stensil/sablon. Kain stensil
tersebut dipersiapkan secara fotografis karena bahan kain ini sangat peka
terhadap perubahan cahaya atau dapat pula berupa proses pelubangam pbjek. Setelah
itu kertas/kain yang akan disablon diletakan dibawah frame stensil tersebut. Stensil
akan mencapai ke benda yang akan disablon. Sehingga tinta akan merembes ke
frame. Apabila penggesek karet anda usapkan melintasi stensil, tinta
akanmembuka area stensil dan merembes ke kertas.
·
Offset
Konsep cetak Offset adalah menggunakan
prinsip dimana minyak dan air tidak akan bercampur. Plate cetak akan menyerap
tinta, sebab area ini dikondisikan untuk dapat menyerap tinta minyak dan tidak
menyerap air. Pada cetak warna, setiap warna mempunyai urut tersendiri. Pada perkembangan
teknologi mesin cetak, suatu mesin cetak dapt langsung memproduksi warna utama
dalam industri cetak. Yaitu Cyan, Magenta, Yellow, Black (CMYK).
Program untuk disain grafis ada bebearapa macam
diantaranya :
1. Adobe
Ilustrator
2. Beneba
Canvas
3. CorelDRAW
4. Maromedia
Freehand
5. Metacreations
Expression
6. Micrografx
Designer
7. AutoCAD
8. Adobe
Photoshop
9. Corel
PhotoPaint
10. Macromedia
X-Res
11. J
Paintshop
12. Metacreations
Painter
13. Metacreations
Live Picture
14. Micrografx
Picture Publisher
15. Microsoft
Photo Editor
16. QFX
17. Wright
Image
A. Perbedaan Grafis Berbasis Vektor dengan Grafis Berbasis Bitmap
Secara umum semua program disain grafis terdiri dari 2
macam yaitu disain grafis berbasis vektor dan disain grafis berbasis bitmap.
1. Disain
Grafis Berbasis Vektor
Disain Grafis Berbasis Vektor adalah disain grafis yang berbasis besaran dan arah, jika gambar diperbesar
beberapa kali gambar tetap enak dilihat karena gambar memiliki pixel-pixel yang
sangat banyak dan teratur sehingga memiliki bentuk dan warna yang kontinu.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar
berbasis vektor adalah :
1. Adobe Ilustrator
2. Beneba
Canvas
3. CorelDRAW
4. Maromedia
Freehand
5. Metacreations
Expression
6. Micrografx
Designer
7. AutoCAD
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas
dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1. Scalable
Vektor Graphics (SVG)
2. Encapsulated
Postscript (EPS)
2. Disain Grafis Berbasis Bitmap
Disain Grafis
Berbasis Bitmap adalah disain grafis yang memiliki berjuta-juta titik
atau pixel dengan warna yang menawan. Jika gambar diperbesar beberapa kali
gambar menjadi kabur, pecah dan tidak enak dilihat karena gambar memiliki titik
atau pixel warna yang sedikit dan tidak teratur sehingga menjadi rusak dan
tidak enak dilihat.
Program
aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis bitmap adalah
:
1. Adobe
Photoshop
2. Corel
PhotoPaint
3. Macromedia
X-Res
4. J
Paintshop
5. Metacreations
Painter
6. Metacreations
Live Picture
7. Micrografx
Picture Publisher
8. Microsoft
Photo Editor
9. QFX
10. Wright
Image
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas
dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu :
1. Graphics
Interchange Format (GIF)
2. Joint
Photographic Experts Group (JPEG)
3. Portable
Network Graphics (PNG)
4. Windows
Bitmap (BMP)
B. MENU
DAN IKON DALAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS
Menu adalah bagian-bagian yang berisikan daftar-daftar perintah yang diletakkan pada
sebuah batang menu, Toolbar/Ikon adalah bagian-bagian
yang berisikan tombol-tombol perintah, menu-menu, atau kombinasi dari keduanya
yang diletakkan pada bagian bawah menu bar
C. Fungsi menu dan ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak Disain Grafis
File
|
Edit
|
View
|
Layout
|
Arrange
|
Effects
|
Bitmaps
|
Text
|
Tools
|
Window
|
Help
|
A. Megidentidikasi
Komponen Menu
1. Menu File
Komponen Menu
|
Fungsi
|
New (Ctrl + N)
|
Membuka dokumen baru yang masih kosong
|
New Form Template
|
Membuka file baru dari disain template
|
Open (Ctrl + O)
|
Membuka dokumen yang pernah dibuat atau disimpan
|
Close
|
Menutup file
|
Save (Ctrl + S)
|
Menyimpan file disain grafis
|
Save As
|
Menyimpan dengan nama yang baru
|
Revert
|
Balik ke pertama kali sebelum disimpan
|
Acquire Image
|
Memberi efek image/gambar
|
import
|
Mengimpor file dari program lain
|
Export
|
Mengirim gambar ke program lain
|
Send To
|
Mengirim gambar untuk di buat desktop dan lain-lain
|
Print (Ctrl + P)
|
Mencetak disain grafis
|
Print Preview
|
Melihat contoh tampilan gambar yang akan dicetak
|
Print Setup
|
Mengatur hasik pencetakan
|
Prepare For Service Bureau
|
Mengubah file ke CDR
|
Publish To The Web
|
Menyimpan ke halamn Web
|
Publish To PDF
|
Menyimpan dalan bentuk file PDF
|
Document Info
|
Meminta properties tentang dokumen
|
2. Menu Edit
Komponen Menu
|
Fungsi
|
|
Undo Mesh Fill (Ctrl+Z)
|
Untuk membatalkan Mesh Fill yang terakhir
|
|
Redo
|
Untuk kembali ke sesudahnya
|
|
Repeat (Ctrl+R)
|
mengulang
|
|
Cut (Ctrl+X)
|
Memotong objek
|
|
Copy (Ctrl+C)
|
Menggandakan objek
|
|
Paste (Ctrl + V)
|
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut
|
|
Paste Special
|
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut dalam
kondisi tertentu
|
|
Delete
|
menghapus
|
|
Symbol
|
Mengedit simbol
|
|
Duplicate
|
Menggandakan tanpa clipboard
|
|
Clone
|
Menggandakan mengikuti objek utama
|
|
Copy Properties From
|
Mengopi dari properties
|
|
Select All (Ctrl + A)
|
Untuk memblok/menandai semuanya
|
|
Find and Replace
|
Mencari dan mengganti
|
|
Insert Internet Object
|
Menyisipkan objek dari web
|
|
Insert New Object
|
Menyisipkan objek yang baru
|
|
Properties
|
Menampilkan properties objek
|
3. Menu View
Komponen Menu
|
Fungsi
|
|
Sipmple Wireframe
|
Menampilkan layar simple wireframe
|
|
Wireframe
|
Menampilkan layar dalam modus kasar
|
|
Draft
|
Menampilkan objek dalam modus kasar
|
|
Normal
|
Menampilkan objek dan layar dalam modus normal
|
|
Enhanced
|
Menampilkan layar dalam modus halus
|
|
Full Screen Preview
|
Menampilkan dalam bentuk layar penuh
|
|
Preview Selected Only
|
Menampilkan halaman tertentu
|
|
Page Sorter View
|
Menampilkan semua halaman dalam sorter
|
|
Ruler
|
Menampilkan atau menghilangkan penggaris
|
|
Grid
|
Menampilkan atau menghilangkan garis latar
|
|
Guidelines
|
Menampilkan atau menghilangkan garis bantu
|
|
Show
|
Mengubah tampilan di layar seperti batas kertas dan
lain-lain
|
|
Enable Rollover
|
Menampilkan atau menghilangkan
tampilan undo, redo
|
|
Snap to Grid
|
Menuju garis
|
|
Snap to Guidelines
|
Menuju garis bantu
|
|
Snap to Objects
|
Menuju ke objek tertentu
|
Grid and Ruler Setup
|
Mengatur garis dan mistar
|
Guidelines Setup
|
Mengatur garis bantu
|
Snap to Objects Setup
|
Menuju setup objek
|
1. Menu Layout
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Insert Page
|
Menyisipkan halaman baru
|
Delete Page
|
Menghapus halaman
|
Rename Page
|
Mengubah nama halaman
|
Go To Page
|
Menuju ke halaman tertentu
|
Switch Page Orientation
|
Berpindah ke orientasi halaman
|
Page Setup
|
Mengatur setup halaman
|
Page Background
|
Mengatur latar halaman
|
2. Menu Arrange
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Transformations
|
Mentranspormasikan objek
|
Clear Transformations
|
Menghilangkan transformation
|
Align and Distribute
|
Mengatur pendistribusian
|
Order
|
Mengatur posisi objek
|
Group
|
Menggabung objek
|
Ungroup
|
Menguraikan/memisahkan dari group
|
Ungroup All
|
Menguraikan/memisahkan dari group semuanya
|
Combine
|
Mengombinasikan
|
Break Apart
|
Memecah objek
|
Lock Object
|
Mengunci objek
|
Shaping
|
Mengubah bebtuk objek
|
3. Menu Effects
Komponen Menu
|
Fungsi
|
|
Adjust
|
Untuk mengatur komposisi
|
|
Transform
|
Untuk mentransformasi
|
|
Corrections
|
Untuk mengoreksi
|
|
Artistic Media
|
Untuk memberi garis seni
|
|
Belnd
|
Untuk menggabungkan 2 objek
|
|
Contour
|
Untuk memberi kontur gambar
|
|
Envelope
|
Membuat lipatan-lipatan pada gambar
|
|
Extrude
|
Untuk memberi efek extrude
|
|
Lens
|
Untuk memberi efek lensa
|
|
Add Perspective
|
Untuk memberi perspektif gambar
|
|
Power Clip
|
Untuk memberi efek power Clip
|
|
Rollover
|
Untuk memberi efek putar
|
|
Clear Effect
|
Untuk menghilangkan efek
|
|
Copy Effect
|
Untuk menyalin efek
|
|
Clone Effect
|
Untuk menggandakan efek
|
4. Menu Bitmaps
Komponen Menu
|
Fungsi
|
|
Convert to Bitmap
|
Untuk mengkonversi ke modus bitmap
|
|
Edit Bitmap
|
Untuk mengedit disain berbasis bitmap
|
|
Crop Bitmap
|
Untuk memotong objek bitmap
|
|
Trace Bitmap
|
Untuk membagi bitmap
|
|
Resample
|
Untuk mengembalikan ke aslinya
|
|
Mode
|
Untuk memberi mode
|
|
Inflate Bitmap
|
Untuk membuat flat bitmap
|
|
Bitmap Color Mask
|
Untuk memberi warna
|
|
Resolve Link
|
Untuk mengambil dari halaman internet
|
|
Update Form Link
|
Untuk mengupdate dari internet
|
|
3D Effects
|
Untuk memberi efek 3 dimensi
|
|
Art Strokes
|
Untuk memberi efek seni
|
|
Blur
|
Untuk memberi efek blur
|
|
Camera
|
Untuk memberi efek difuss
|
|
Color Transform
|
Untuk mentransformasi warna
|
|
Contour
|
Untuk memberi kontur
|
|
Creative
|
Untuk memberi efek buatan sendiri
|
|
Distort
|
Untuk memuat bentuk tertentu
|
|
Noise
|
Untuk memberi efek terang gelap
|
|
Sharpen
|
Untuk mempertajam
|
1. Menu Text
Komponen
Menu
|
Fungsi
|
Format Text
|
Untuk memformat teks
|
Edit Text
|
Untuk memperbaiki teks
|
Insert Character
|
Untuk menyisipkan karakter
|
Fit Text to Path
|
Untuk menggabungkan teks ke objek
|
Fit Text to Frame
|
Untuk menggabungkan teks ke frame
|
Align to Baseline
|
Untuk meratakan
|
Straighten Text
|
Komponen teks
|
Writing Tool
|
Untuk menampilkan tool pengetikan
|
Change Case
|
Untuk mengatur besar kecil huruf
|
Make Text Web Compatible
|
Menggunakan teks dari web yang cocok
|
Convert
|
Untuk mengubah teks
|
Text Statistics
|
Properties teks
|
Show Non-Printing Characters
|
Untuk menampilkan efek noncetak
|
Link
|
Untuk menyambungkan ke internet
|
Unlink
|
Untuk memutuskan hubungan dengan
internet
|
2. Menu Tools
Komponen
Menu
|
Fungsi
|
|
Options
|
Untuk menampilkan options
|
|
Customization
|
Untuk menampilkan tools
|
|
Color Management
|
Untuk menampilkan format warna
|
|
Save Settings As Default
|
Untuk menyimpan setting
|
|
Object Manager
|
Untuk menampilkan objek manajer
|
|
Object Data Manager
|
Untuk menampilkan data manajer
|
|
View Manager
|
Untuk menampilkan zoom manajer
|
|
Link Manager
|
Untuk menampilkan link
|
|
Undo Docker
|
Untuk menampilkan docker undo
|
|
Internet Bookmark Manager
|
Untuk menampilkan bookmark
|
|
Color Styles
|
Untuk menampilkan format pewarnaan
|
|
Palette Editor
|
Untuk menampilkan palette
|
|
Graphic and Text Styles
|
Untuk menampilkan grafik
|
|
Scrapbook
|
Untuk menampilkan dari halaman
internet
|
3. Menu Window
Komponen
Menu
|
Fungsi
|
New Window
|
Untuk membuka pane yang baru
|
Cascade
|
Untuk penampilan cascading
|
Tile Horizontally
|
Untuk menampilkan tile horizontal
|
Tile Vertically
|
Untuk menampilkan tile vertikal
|
Arrange Icons
|
Untuk menampilkan semua ikon
|
Color Palettes
|
Untuk menampilkan palette
|
Dockers
|
Untuk menampilkan docker
|
Toolbars
|
Untuk menampilkan toolbar
|
Close
|
Menutup
|
Close All
|
Untuk menutup semua
|
Refresh Window
|
Untuk memperbarui tampilan
|
4. Menu Help
Komponen
Menu
|
Fungsi
|
Help Topics
|
Untuk meminta bantuan per topik
|
CorelTUTOR
|
Untuk meminta bantuan secara tutorial
|
What’s New
|
Untuk meminta informasi fasilitas
terbaru
|
Technical Support
|
Untuk mengetahui teknis operasi
|
Corel on the Web
|
Untuk meminta informasi Corel di
internet
|
About CorelDraw
|
Untuk meminta informasi Corel yang
digunakan
|
TEKNIK SHAPING
1. Weld
Berfungsi untuk menggabungkan 2 atau lebih jenis objek. Klik pada bidang 1 kemudian klik tombol Weld To pada Shaping Toolbox lalu diikuti mengklik bidang 2.
Hasilnya akan seperti contoh di bawah ini :
Catatan : Pada Shaping Toolbox terdapat Checkbox Source Object(s) dan Target Object(s). Keduanya bisa dipilih salah satu, ataupun tidak sama sekali. Fungsi checkbox itu meninggalakan object sumber atau object target atau keduannya. Jadi saat bidang 1 digabung dengan bidang 2, jika kamu memilih Source Object(s), maka bidang 1 yang merupakan bidang pertama atau sumbernya akan tetap ada. Sama halnya dengan Target Object(s), yang tertinggal adalah bidang yang kedua atau bidang targetnya. Seandainya memilih kedua-duanya, maka bidang 1 dan bidang 2 akan tetap ada selain bidang yang sudah digabung tadi. Lebih jelasnya, lihatlah gambar berikut :
Gambar 1. jika Source Object(s) yang dipilih
Gambar 2. jika Target Object(s) yang dipilih
Gambar 3. jika Source Object(s) dan Target Object(s) dipilih semua
Checkbox Source Object(s) dan Target Object(s) juga terdapat pada teknik shaping Trim dan Intersect.
2. Trim
Artinya memangkas. Jadi, bagian Object Target yang tertutup oleh bagian objek sumber akan dipangkas atau dipotong sesuai dengan bentuk objek sumber yang menutupi objek target tersebut. Caranya sama dengan Weld, klik bidang 1 kemudian klik tombol Trim pada Shaping Toolbox, lalu klik pada bidang 2.
Hasilnya akan seperti gambar berikut :
3. Intersect
Berguna mengambil bagian bidang sumber yang juga menjadi bagian bidang target atau dalam matematika disebut dengan istilah IRISAN. Caranya masih sama dengan shaping sebelumnya. Klik bidang 1 kemudian klik tombol Intersect pada shaping toolbox, lalu klik pada bidang 2.
Hasilnya seperti di bawah ini :
4. Simplify
Sama dengan Trim, berfungsi untuk memotong. Tapi, Simplify tidak bisa memilih bidang sumber dan bidang targetnya. Pada Simplify, bidang 1 memotong bagian bidang 2 yang dia tutupi, tapi bidang 1 masih tetap ada. Cara menggunakan Simplify adalah dengan cara men-select semua bidang kemudian klik tombol Simplify pada Shaping Toolbox.
Di bawah ini adalah perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan Simplify :
Sebelum
Sesudah
5. Front Minus Back
Merupakan tekhnik yang depan dikurangi yang belakang. Artinya, bentuk bidang depan sudah berkurang karena dipotong oleh bidang di belakangnya. Caranya select semua bidang, kemudian klik tombol Front Minus Back pada Shaping Toolbox. Lihat contoh di bawah ini :
Maka hasilnya akan seperti di bawah ini :
6. Back Minus Front
Tekhnik yang terakhir ini merupakan kebalikan dari Front Minus Back, tekhnik ini merupakan tekhnik bidang belakang yang dikurangi bidang di depannya. Caranya select semua bidang, lalu klik tombol Back Minus Front. Di bawah ini dapat dilihat perbedaan sebelum dan sebelumnya :
Sebelum
Sesudah
No comments:
Post a Comment